Jumat, 15 November 2013

Cara Menginstall Windows XP

Sebelum menginstall Windows XP, atur dahulu BIOS pada komputer anda.

Cara pengaturan BIOS

Pada tahap ini anda akan mengatur agar komputer melakukan booting dari CD terlebih dahulu. Jika booting masih berjalan normal (dari drive C), maka komputer tidak dapat menginstall windows XP karena installernya berada di CD. Langkah langkah pengaturan BIOS:
  1.  Nyalakan komputer anda.
  2. Pada saat layar hitam pertama kali, tekan tombol "Delete" atau "F2" untuk masuk ke pengaturan BIOS. Ini tergantung jenis komputer anda, jika anda melihat perintah "prees DEL to run setup" berarti tombol yang anda gunakan adalah "Delete". Jika tak ada perintah tersebut, berarti "F2".
  3. Setelah masuk BIOS, pilih menu "Boot" dan pilih submenu "Boot device priority".
  4. Pada bagian ini, ubahlah "1st Boot Device" menjadi "CDROM", gunakan tombol "+" dan "-" untuk mengubahnya.
  5. Tekan "F10" untuk keluar dan menyimpan pengaturan anda. Komputer akan restart dengan otomatis.
Penting: Setelah install ulang, sebaiknya kembalikan kembali "1st Boot Device" menjadi "Hard Drive". Jika tetap "CDROM" maka proses booting akan lama.

Proses Install Windows XP
  1. Setelah restart,masukkan CD windows XP anda ke dalam CD/DVD ROM.
  2. Restart kembali komputer anda. (Ya, restart dengan CD windows XP masih berada didalamnya).
  3. Pada saat restart akan ada perintah kira-kira seperti ini "press any key to boot from cd". Segera tekan sembarang tombol jika muncul perintah seperti ini. Jika terlambat menekan tombol, komputer akan terlanjur masuk ke windows dan anda harus merestartnya kembali.
  4. Setelah anda menekan sembarang tombol, anda akan mendapati perintah persetujuan syarat penggunaan windows XP seperti dibawah ini.      
  5. Pada tampilan tersebut, tekan tombol "F8" untuk menyetujuinya. Selanjutnya akan muncul tampilan seperti berikut.          
  6. Tekan "Enter" untuk melanjutkan proses install ulang windows XP.
  7. Jika anda ingin membuat partisi untuk meletakkan windows XP di partisi lain, tekan "C". Atau jika sudah memiliki beberapa partisi, pilih di partisi mana anda akan menginstall windows XP.
  8. Setelah menekan "Enter", anda akan dibawa ke layar format partisi yang anda pilih tadi. Pilih "NTFS" (Quick) dan tekan "Enter".    
  9. Setelah proses format selesai akan otomatis dilanjutkan dengan install windows XP, tunggu sampai selesai. Komputer akan restart dengan sendirinya.
Install ulang windows XP sudah 50% selesai. 

Setelah tadi hanya bisa utak-atik dengan keyboard. Kini anda masuk ke bagian pengaturan windows XP dengan menggunakan mouse.
  1. Setelah restart, yang pertama kali anda jumpai adalah jendela "Regional and Lenguage Options". Klik "Customsize" jika anda ingin mengaturnya. Atau anda klik next jika anda ingin membiarkan pengaturan berada dalam bahasa inggris.
  2. Setelah klik "next", anda akan menjumpai jendela "Personalize your Software". Isikan nama anda dan nama organisasi anda, selanjutnya klik "next".    
  3. Berikutnya, serial number windows XP anda. Untuk windows XP yang asli, serial number ada pada tempat CD nya.
  4. Langkah install ulang window XP berikutnya, isikan nama komputer anda pada kotak "Computer Name". Isikan juga password anda di bagian "Administrator Password" dan "Confirm Password". Klik "next". 
  5. Berikutnya, karena kita di Indonesia, maka kita atur Time Zone menjadi "GMT+7 untuk WIB", "GMT+8 untuk WITA" dan "GMT+9 untuk WIT". Klik "next".  
  6. Selanjutnya akan muncul pengaturan jaringan. Pada langkah ini pilih saja "Typical Setting" agar windows mengatur jaringan secara otomatis. Jika dilain waktu anda ingin mengatur jaringan, anda bisa melakukannya dari "Control Panel". Klik "next". 
  7. Langkah selanjutnya, jika anda terhubung dengan sebuah jaringan lokal (LAN), pilih "yes" lalu isikan dengan nama domain jaringan anda. Jika komputer tidak terhubung pada suatu jaringan, maka pilih "no". Klik "next". 
  8. Setelah selesai, berikutnya cukup klik "Next", "Skip", dan "Finish". Dan ketika sampai pada jendela "Ready to register with Microsoft", pilih "No" jika windows anda bajakan. Jika asli, pilih "Yes". Setelah klik "Finish", proses install ulang windows XP anda sudah selesai.

Pengalaman saya sendiri, proses install ulang windows XP hanya membutuhkan waktu kurang lebih setengah jam. Lama tidaknya tergantung dari spesifikasi komputer anda.

Sumber: Modul Install Windows XP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar